Monday, June 19, 2017

Apa Itu Meme ?

Assalamu'alaikum
Hai Kawan Kembali lagi bersama saya kiki, kali ini saya akan membahas tentang meme.
apa itu meme? gue juga belum tau... ya supaya kita semua tau kuy baca artikel berikut

Meme adalah ide, perilaku, atau gaya yang menyebar dari satu orang ke orang lain dalam sebuah budaya. Meme merupakan neologisme yang diciptakan oleh Richard Dawkins. Berikut merupakan contoh meme: gagasan, ide, teori, penerapan, kebiasaan, lagu, tarian dan suasana hati. Meme dapat replikasi dengan sendirinya (dalam bentuk peniruan) dan membentuk suatu budaya, cara seperti ini mirip dengan penyebaran virus (tetapi dalam hal ini terjadi di ranah budaya). Sebagai unit terkecil dari evolusi budaya, dalam beberapa sudut pandang meme serupa dengan gen. Richard Dawkins, dalam bukunya The Selfish Gene, ia menceritakan bagaimana ia menggunakan istilah meme untuk menceritakan bagaimana prinsip Darwinisme untuk menjelaskan penyebaran ide ataupun fenomena budaya. Dawkins juga memberi contoh meme, yaitu nada, kaitan dari susunan kata, kepercayaan, gaya berpakaian dan perkembangan teknologi.
Teori meme menjelaskan bahwa meme berkembang dengan cara seleksi alam (mirip dengan prinsip evolusi biologi yang dijelaskan oleh penganut Darwinisme) melalui proses variasi, mutasi, kompetisi, dan warisan budaya yang mana memengaruhi kesuksesan reproduksi di setiap individu. Dengan demikian, meme menyebar berupa ide dan bila tidak berhasil maka ia akan mati, sedangkan yang lain akan bertahan, menyebar, dan (untuk tujuan yang lebih baik bahkan lebih buruk) akan bermutasi. “Ilmuwan memetika mempunyai pendapat bahwa meme yang mempunyai ketahanan terbaik akan menyebar dengan efektif dan memengaruhi si objek (seorang individu).

Source:https://id.wikipedia.org

Itu penjelasan sebenernya gengs...dari profs wiki hehehe..
tapi menurut gue sih meme itu gambar yang di kasih kata-kata yang menjadi sebuah kalimat yang mendukung ekspresi atau keadaan dari gambar tersebut gengs...dan biasanya jika gambarnya itu seorang tokoh maka kata-katanya itu sesuai sama slogan atau kebiasaan dari tokoh tersebut gens..
contoh:

Dari meme di atas gan terlihat seorang pria setengah gundul yang sedang tertawa gans... maka dari itu mungkin si pengarang kata-kata "hahaha.. Gundulmu!" gens... Selanjutnya..

Kalian mungkin sudah tidak asing lagi dengan mentri kelautan indonesia yang satu ini, yapss Ibu Susi. Beliau terkenal dengan aksi penenggelaman kapal-kapal nelayan asing yang berusaha mencari ikan di Indonesia gengs (itu sih setau gue gengs) karena itulah.. mungkin si pengarang gambar meme di atas menuliskan kata "ITU YANG GA MALMING GARA-GARA JOMBLO TENGGELAMKAN!" guys...

oke gengs itu sedikit tentang meme dari gue, menurut kawan" memes itu apa? silah kan komen like and share ya gengs 
Wassalamu'alaikum

0 comments:

Post a Comment

thanks for the comment
don't forget to follow and circle
have a nice day :-)........